Hardy Heron di Air Putih

Sabtu lalu, saya mengikuti Hardy Heron Release Paty di Air Putih. Ini merupakan acara peluncuran Sistem Operas Linux Ubuntu versi Terbaru, yakni 8.04, yang kodenya diberi nama Hardy Heron.

Mulanya, sekitar 2 mingu sebelum acara, Wandi dari Air Putih menginformasikan acara ini lewat chatting di Yahoo! Messenger. Dari situ lalu saya ikut menyebarkan informasi ini ke beberapa milis yang saya ikuti. Karena isi pesan Wandi tidak mencantumkan kalau harus mendaftar dulu baru bisa ikut, dan saya dengan penuh percaya diri bisa datang di hari pelaksanaan, akhirnya terkejut juga saat tanya sama Wandi sehari sebelum pelaksanaan. Loh, pake mendaftar dulu ya? Akhirnya kirim imel ke air putih, dan dibalas sama Imron "Roim" Fauzi yang memepersilahkan untuk datang esok hari. Saya mengenal Roim dan Wandi saat Pelatihan ICT di GG House, Desember 2006. Keduanya adalah aktivis Air Putih sejak berdirinya.

Sesuai dengan informasi yang di websitenya, Air Putih melaksanakan Hardy Heron Release Paty pada Sabtu, 26 April 2008. Saya sempat bolak-balik mengitari jalan di depan kantornya. Karena masih pukul 09.30 WIB sementara di jadwal acara mulai pukul 10.00 WIB, maka saya sarapa di sebuh warung di sebelah hotel Harris. Pemilik warung yang saya tanya di mana rumah Jl. Abdullah Syafei'i No.55, ternyata tidak tahu. Ini alamat baru Air Putih, yang sebelumnya saya sempat main ke sana saat masih di Blok S. Akhirnya saya menapaki trotoar ke arah Kampung Melayu. Ketemu juga. Mengisi daftar hadir dan ke ruang acara di lantai 2. Alhamdulillah acara dimulai setelah menunggu semua peserta masuk memenuhi ruangan. Ada 30-an orang yang hadir. Mulai dari pelajar SLTA, aktivis LSM, hingga pekerja di perusahaan, ikut dalam acara ini. Semuanya merasa tertarik ingin tahu dan menjajal Ubuntu versi terbaru.

Sebangku dengan saya adalah Waraqah, yang berbagi pengalaman menggunakan program TurboCASH di bagian akhir rangkaian presentasi. Waraqah bekerja di bagian keuangan Sebuah perusahaan asing di Jakarta. Saat ini buku panduan penggunaan program TurboCASH yang ditulisnya sedang dalam proses peluncuran oleh salah satu grup penerbit besar di Jakarta.

Di bagian awal ada presentasi dari M. Shalahuddien mengenai Free Open Source Software (FOSS). Lalu, Acara dilanjutkan dengan cerita mengenai Ubuntu serta Ubuntu versi terbaru, yang dilanjutkan dengan praktik instalasi yang diselingi dengan tanya jawab yang dipandu oleh Roim dan dibantu teman-teman dari Air Putih lainnya.

Saya berterima kasih sekali pada teman-teman dari Air Putih yang telah menyelenggarakan acara ini. Juga kepada semua teman yang hadir, yang sudah mau berbagi pengalaman, juga bertukar informasi. Senang bisa mengenal Anda semua.

5 comments

  1. Anonymous  

    April 30, 2008 at 12:52 PM

    Kemarin saya juga datang di acara HRP Air putih loh :)

  2. Herman  

    May 2, 2008 at 9:26 AM

    Oh ya, mr.bambang. Saya ingat, dirimu di belakang saya dan ikut membantu Pak Ali menginstall Hardy Heron kan...

    Makasih sudah mampir di blog ini.

  3. Andry  

    May 2, 2008 at 6:33 PM

    blog yang bagus... salam kenal dari andry....

  4. Anonymous  

    May 6, 2008 at 5:04 PM

    Hi herman. my name is yossy suparyo, combine activist of jogjakarta. are you remember me? we meet in air putih party. how are your even in jogja. contak me in http://paryo.multiply.com or yossy_suparyo@combine.or.id
    good luck

  5. Herman  

    May 12, 2008 at 7:34 PM

    Hi Yossy. What can make me forget my friend like you :). When I am in Yogyakarta, I am going to visit you and Combine. Thanks for visiting this blog.

Post a Comment